Apa Itu Perangkat Panel Surya

Layanan Konsultasi dan Estimasi Produk Gratis.
Jasa pasang panel surya Indonesia

Cara Kerja, Manfaat & Pemasangan Panel Surya


Panel surya dapat menjadi alternatif pembangkit listrik mandiri. Penggunaan panel surya ini juga jauh lebih hemat dan menjanjikan. Urusan listrik merupakan prioritas utama yang wajib untuk dianggarkan di dalam pengeluaran keluarga. Alasannya karena hampir semua kegiatan sehari-hari dan penggunaan perangkat elektronik ini bergantung dengan listrik.

Secanggih apapun teknologi yang ada saat ini tidak akan bisa dioperasikan tanpa menggunakan listrik. Oleh sebab itu, listrik menjadi kebutuhan utama yang harus ada. Sayangnya biaya atau tarif listrik ini terus meningkat naik. Hal ini membuat masyarakat berpikir untuk menghemat penggunaan listrik supaya biaya yang dikeluarkan tidak membengkak.

Masalah Tarif Dasar Listrik

Setiap tahun tarif dasar listrik akan mengalami peningkatan akibat konsumsi listrik yang terus meningkat. Berdasarkan Keputusan Menteri ESDM Nomor 143K/20/MEM/2019 tentang Rencana Umum Ketenagalistrikan Nasional Tahun 2019 sampai dengan Tahun 2038, ESDM memproyeksikan rata-rata pertumbuhan kebutuhan energi listrik nasional mencapai 6,9 persen per tahun. 

Seiring dengan meningkatnya populasi manusia, krisis listrik sangat mungkin terjadi. Ditambah lagi dengan peningkatan harga bahan bakar dan penggunaan bahan bakar fosil untuk pembangkit listrik konvensional dalam jangka waktu yang panjang sehingga cadangannya juga semakin menipis. Krisis listrik ini harus menjadi perhatian semua masyarakat karena jika tidak diantisipasi krisis ini akan semakin cepat terjadi. Selain lebih bijak dalam pemakaian listrik, beralih menggunakan energi baru dan terbarukan dengan pemasangan panel surya dapat menjadi solusi untuk penghematan listrik.

Apa Itu Panel Surya?

Panel surya adalah alat yang dapat mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik. Teknologi fotovoltaik (photovoltaic / PV ) adalah teknologi yang digunakan untuk mengkonversi radiasi matahari menjadi energi listrik. Energi listrik yang dihasilkan ini akan disimpan ke dalam baterai, yang dapat Anda gunakan untuk perangkat elektronik dan disesuaikan dengan kebutuhan listriknya.

Sejarah Panel Surya

Matahari merupakan salah satu bintang raksasa pada alam semesta.  Matahari ini menyediakan berbagai macam energi tidak terbatas di dalamnya. Dengan perkembangan teknologi, energi matahari dapat dimanfaatkan sebagai alternatif sumber energi listrik yang banyak dibutuhkan oleh umat manusia, yang artinya matahari menghasilkan energi listrik dengan menggunakan teknologi panel tenaga surya.

Berdasarkan sejarah, teknologi panel surya sudah ada pada abad ke-18, tepatnya pada tahun 1839. Seorang ahli fisika asal Perancis bernama Alexandre Edmond Becquerel yang pertama kali mencetuskan teknologi fotovoltaik. 

Awalnya teknologi fotovoltaik dicetuskan melalui percobaan penyinaran dengan dua elektroda. Penyinaran ini menggunakan selenium yang bisa digunakan untuk menghasilkan energi listrik dengan jumlah yang sedikit. Percobaan ini merupakan bukti bahwa energi listrik bisa dihasilkan dari energi cahaya.

Pada tahun 1904, Albert Einstein juga pernah meneliti sel surya yang dinamakan percobaan efek fotolistrik. Barulah pada tahun 1941, peneliti yang bernama Russel Ohl mampu mengembangkan teknologi panel surya. Teknologi ini kemudian dikenal sebagai teknologi sel surya (solar cell) dan penggunaannya masih digunakan sampai dengan saat ini.

Matahari Sebagai Energi Alternatif dan Hemat Energi

Energi dari panel surya sering dijadikan sebagai energi alternatif untuk mengatasi kenaikan harga listrik konvensional dan juga non subsidi. Energi utamanya berasal dari energi matahari yang bisa Anda dapatkan secara gratis. Secara letak geografis, Indonesia berada di garis khatulistiwa, sehingga Indonesia sangat kaya akan sumber energi surya dengan intensitas radiasi matahari rata-rata sekitar 4.8 kWh/m2 per hari di seluruh wilayah Indonesia.

Jika Anda memaksimalkan penggunaan energi surya sebagai sumber energi alternatif bagi listrik untuk instansi, perindustrian sampai dengan rumah tangga, Anda dapat menghemat tagihan listrik. Anda dapat mengalokasikan dana yang Anda simpan dari penghematan listrik untuk keperluan yang lainnya. Fakta di lapangan mengatakan bahwa tagihan listrik bisa berkurang sampai dengan 50% dengan menggunakan teknologi panel tenaga surya.

Jenis Jenis Panel Surya

Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui jenis-jenis panel tenaga surya. Tujuannya supaya Anda tidak salah dalam memilih jenis panel surya yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini adalah beberapa jenis panel tenaga surya yang perlu Anda ketahui:

Monocrystalline Silicon

Merupakan salah satu jenis panel surya yang banyak digunakan. Tipe panel surya ini memiliki berbagai macam kelebihan seperti efisiensi yang tinggi dan memiliki umur pakai yang panjang.  Sel surya yang menjadi penyusun panelnya ini terbuat dari kristal silikon murni yang diiris tipis dengan menggunakan mesin hingga berbentuk bundar. Sel surya ini disebut “monocrystalline” karena silikon yang digunakan adalah silikon kristal tunggal.

Efisiensi panel surya monocrystalline silicon mencapai lebih dari 20%, jauh lebih tinggi dibanding tipe panel tenaga surya lainnya. Efisiensi yang tinggi tersebut menandakan bahwa panel surya ini memiliki kemampuan mengkonversi energi dari matahari ke listrik yang baik sehingga hanya dibutuhkan luas penampang yang lebih kecil untuk menghasilkan energi yang sama dibanding tipe panel surya lainnya. Meskipun begitu, monocrystalline silicon merupakan tipe panel surya yang paling mahal dengan kualitas terbaik pula.

Thin Film Solar Cell

Tipe panel surya ini disebut dengan “thin film” karena menggunakan sel surya yang sangat tipis dengan ukuran sekitar 10 nm, jauh lebih tipis dibanding dengan tipe crystalline silicon yang berukuran 200 – 300 nm. Lapisan tipis tersebut ditambahkan ke permukaan seperti kaca, plastic, atau metal.

Dengan ukuran yang sangat tipis, panel surya ini menjadi sangat ringan dan fleksibel. Selain itu, panel surya ini tidak mengalami penurunan performa pada temperatur yang semakin tinggi seperti tipe panel surya lainnya. Sayangnya, efisiensi konversi energi thin film masih rendah yaitu hanya sekitar 10%.

Polycrystalline Silicon

Merupakan tipe panel surya yang terbuat dari batang kristal silikon yang dilebur atau dicairkan kemudian dituang ke dalam cetakan berbentuk persegi. Kelebihannya terdapat pada susunannya yang lebih rapi dan juga lebih rapat. Ciri dari panel surya ini cukup unik karena terdapat retakan atau fragmen di dalam sel surya. Seperti namanya mengindikasikan, tipe panel surya polycrystalline silicon ini terdiri dari banyak fragmen kristal silikon.

Efisiensi panel surya polycrystalline silicon mencapai 17%. Walaupun efisiensinya lebih rendah dibanding tipe monocrystalline silicon, tipe panel surya ini banyak digunakan karena harganya yang relatif lebih terjangkau.

Perbedaan dan Cara Kerja Panel Surya


Perbedaan Panel Surya dan Sel surya

Apa perbedaan antara panel surya dan sel surya?

Sel surya merupakan inti dari panel tenaga surya tersebut. Sel ini disusun berjajar dan dihubungkan secara seri dan parallel yang kemudian membentuk satu kesatuan panel surya. Dapat dikatakan bahwa panel surya merupakan gabungan dari banyak sel surya. Jumlah sel surya yang disusun di dalam panel surya bervariasi dari 32 hingga 96 sel, namun pada umumnya yang digunakan adalah tipe panel surya dengan 72 sel.

Cara Kerja Panel Surya

Adapun cara kerja panel surya secara sederhana  / prinsip kerja panel surya adalah sebagai berikut : 

  1. Panel surya mengkonversi energi dari matahari menjadi listrik
  2. Inverter merubah listrik yang dihasilkan oleh panel surya dari arus searah (DC) menjadi arus bolak-balik (AC)
  3. Energi digunakan untuk memberi daya pada peralatan listrik Anda

Manfaat Panel Surya

Kenaikan listrik konvensional atau listrik PLN ini sangat besar terutama bagi yang non subsidi. Tingkat kenaikannya dapat mencapai 9,7% per tahunnya. Penyebabnya sendiri bisa diakibatkan oleh berbagai faktor. Namun yang paling berperan dalam kenaikan tarif listrik adalah harga bahan bakarnya. Hal ini secara tidak langsung berdampak pada tingkat perekonomian dan juga tingkat kesejahteraan masyarakat.  

Memang tagihan listrik setiap tahunnya tidak mengalami kenaikan. Namun, sekali terjadi peningkatan, persentase kenaikan dapat mencapai 30%. Dilihat dari segi penggunaanya, manfaat dan fungsi panel surya ini sangat ramah lingkungan saat digunakan karena tidak menggunakan bahan bakar konvensional. Energi utamanya berasal dari matahari dan bisa didapatkan dengan gratis. 

Manfaat dari panel maupun energi surya yang sangat terasa adalah mampu untuk menghemat pengeluaran. Selain itu, energi surya mampu berkontribusi untuk mengurangi pemanasan global. Anda juga terhindar dari ketergantungan listrik konvensional. Manfaat dari pasang panel surya adalah panel tenaga surya ini tidak memerlukan lahan yang luas dan pemasangannya sangat mudah.

Contoh Penggunaan Panel Surya

Contoh dari penggunaan panel surya ini mudah untuk dijumpai dalam kehidupan. Misalnya saja, penggunaan panel surya di rumah sebagai alternatif sumber energi listrik dari energi matahari ini bisa digunakan untuk melistriki rumah. Panel surya juga bisa digunakan sebagai penyedia energi untuk menyalakan berbagai macam peralatan elektronik seperti kipas, mesin, komputer, maupun seluruh bangunan.

Anda juga bisa menggunakan panel surya untuk mengisi daya perangkat yang dimiliki seperti ponsel maupun tablet ataupun untuk memasak menggunakan oven dan juga kompor listrik.  Energi surya dapat dimanfaatkan untuk pencahayaan di dalam maupun di luar ruangan. Terakhir, energi surya ini juga bermanfaat untuk pemanas air yang memanfaatkan tenaga surya.

Untuk fasilitas umum, energi surya bermanfaat digunakan untuk menerangi jalan dan juga fasilitas publik. Dengan hal ini, pemerintah dapat menghemat biaya pengeluaran. Untuk para pelaku industri atau gedung perkantoran, energi surya bisa digunakan untuk kegiatan operasional kantor atau perusahaan sampai dengan sore hari, barulah pada malam harinya dilanjutkan menggunakan listrik PLN. Dengan hal ini perusahaan lebih hemat biaya untuk listriknya hanya dengan menggunakan panel tenaga surya.

Pemasangan Panel Surya

Dalam memasang panel tenaga surya, penting bagi Anda untuk tahu tips atau prosedur pasang panel surya yang baik dan benar. Salah dalam pemasangan akan membuat PLTS tersebut tidak dapat bekerja secara optimal atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat Anda akan pasang panel surya. 

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memasang Panel Tenaga Surya

  1. Pemilihan Lokasi Pemasangan Panel SuryaInstalasi pasang panel surya sebaiknya diletakkan di atap rumah karena lokasi tersebut terkena paparan sinar matahari secara langsung. Perlu dipastikan bahwa lokasi atap tersebut tidak terkena bayangan dari pohon atau bangunan-bangunan di sekitarnya yang dapat mengakibatkan penurunan performa panel surya.
  2. Pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga SuryaSupaya panel tenaga surya dapat digunakan untuk jangka waktu yang Panjang, pastikan Anda membeli komponen-komponen panel tenaga surya yang berkualitas. Anda bisa membeli ke perusahaan yang telah memiliki kredibilitas baik, menawarkan garansi produk, dan memiliki jasa yang profesional dan terpercaya.Selain panel surya, Anda juga membutuhkan inverter, dudukan panel surya di atap, kabel, dan alat proteksi kelistrikan seperti circuit breaker. Anda juga memerlukan peralatan pertukangan seperti obeng, bor listrik, maupun kunci L.Panel surya dipasang di atap dengan menggunakan dudukan panel surya yang biasanya terbuat dari aluminium. Selanjutnya, panel-panel surya tersebut disambung secara seri. Sambungan panel surya tersebut kemudian dihubungkan dengan inverter dimana arus listrik searah (DC) yang dihasilkan panel surya dikonversi menjadi arus listrik bolak-balik (AC) yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan listrik rumah.Inverter kemudian dihubungkan dengan instalasi kelistrikan rumah menggunakan kabel dan sebelum titik interkoneksi dengan kelistrikan rumah, dipasang alat proteksi circuit breaker. Setelah semua tahap pemasangan selesai dan instalasi dipastikan aman, selanjutnya dilakukan testing dan commissioning untuk memastikan sistem panel tenaga surya dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Setelah semua tahap berhasil dilakukan baik dan aman, maka sistem panel tenaga surya sudah siap untuk menghasilkan listrik yang dapat Anda gunakan.