Mengenal Pintu Otomatis: Manfaat, Jenis-Jenis dan Jasa Instalasinya

Layanan Konsultasi dan Estimasi Produk Gratis.

Pintu otomatis banyak digunakan di gedung besar dan terdiri dari beragam jenis yang dibedakan berdasarkan cara pintu membuka dan menutup


Pintu otomatis atau automatic door merupakan jenis pintu berteknologi modern yang sudah dibekali oleh sensor khusus sehingga dapat membuka dan menutup sendiri secara otomatis. Aplikasi automatic door saat ini sangat banyak digunakan terutama di fasilitas umum seperti bandara, hotel, mall dan lainnya.

automatic doorPemanfaatan automatic door sendiri mendatangkan berbagai macam manfaat untuk pengunjung karena pengunjung tidak perlu repot mendorong dan menutup pintu. 

Manfaat Menggunakan Sistem Pintu Otomatis

Kelebihan pintu otomatis bagi sebuah bangunan sangat banyak, tidak hanya memberi kesan modern namun juga memiliki segudang manfaat fungsional untuk para pengguna sebagai berikut:


1. Penggunaan yang Efektif dan Mudah

Pintu otomatis dibekali oleh teknologi sensor yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan objek di depannya kemudian membuka dan menutup daun pintu secara otomatis. 

Kemampuan automatic door membuka dan menutup pintu tanpa harus menggunakan tenaga manusia akan membuat penggunaannya lebih mudah. 

Apalagi di tempat-tempat yang sibuk dengan padatnya lalu lalang manusia, keberadaan automatic door akan membuat aktivitas manusia dapat berjalan lebih efektif tanpa harus repot mendorong atau menggeser pintu. 

Misalnya, seseorang yang sedang membawa barang berat di pusat perbelanjaan tentu akan kesulitan jika harus mendorong atau menggeser pintu.


2. Menghindari Kebisingan dan Antrean Panjang

Salah satu alasan utama mengapa banyak pemilik gedung dan pengelola fasilitas umum menerapkan sistem automatic door karena dapat mengurangi kebisingan dari aktivitas lalu lalang manusia yang sangat padat. 

Berbagai fasilitas umum yang sangat padat pengunjung seperti bandara, mall, apartemen, stasiun dan lain sebagainya memiliki jumlah intensitas orang keluar masuk yang sangat ramai. Jika menggunakan pintu konvensional, maka tentu akan menimbulkan bising dari suara pintu berderik berkali-kali. 

Belum lagi antrian yang muncul jika jumlah orang lalu lalang sangat ramai. Oleh karena itu penggunaan automatic door akan sangat membantu. 


3. Hemat Waktu

Automatic door yang bekerja secara otomatis tanpa membutuhkan tenaga manusia tentu dapat membantu orang-orang untuk menghemat waktunya terutama di area sibuk di tengah kota. Orang-orang dapat terus berjalan keluar masuk area gedung tanpa harus berhenti untuk membuka tutup pintu. 


4. Aman untuk Anak Kecil

Kelebihan lain pintu otomatis adalah dari segi keamanannya terutama untuk anak-anak. Salah satu aktivitas yang disukai anak-anak adalah memainkan pintu. Namun, seringkali mereka terjepit engsel ataupun daun pintu saat bermain sehingga menyebabkan mereka terluka.

Hal ini tidak akan terjadi jika menggunakan teknologi automatic door. Pintu tidak akan menutup ketika mendeteksi keberadaan objek berat di sekitarnya sehingga aman untuk anak.


5. Menghemat Ruang

Kelebihan menggunakan automatic door terutama yang berjenis sliding door atau pintu geser otomatis adalah karena dapat menghemat penggunaan ruang. Daun pintu ini akan bergeser ke sisi kanan maupun kiri secara otomatis untuk membuka dan menutup. 

Karena instalasi pintu yang hanya menggeser ke kanan dan kiri membuat pintu ini sangat menghemat penggunaan ruang. Hal ini berbeda jika menggunakan pintu konvensional manual yang memakan lebih banyak ruang untuk membuka dan menutup pintu. 


6. Kesan Mewah dan Futuristik

Manfaat yang tidak kalah penting dari automatic door adalah dari aspek estetikanya. Bangunan publik seperti mall, hotel, bandara, kantor, apartemen, stasiun dan lain sebagainya tentu harus menunjukkan kesan modern dan futuristik bangunan bagi para pengunjung. 

Semakin tampak modern suatu bangunan, maka dapat meningkatkan citra baik bangunan tersebut. Salah satu komponen terpenting dalam menunjukkan aspek modern bangunan adalah memasang pintu otomatis. 


Keberadaan automatic door di bagian depan gedung akan memberi kesan modern sekaligus mewah.

Jenis-Jenis Pintu Otomatis yang Banyak Digunakan

Pintu otomatis yang tersedia di pasaran dan banyak dipasang di fasilitas umum ada banyak jenisnya. Setiap jenis pintu dibekali oleh teknologi sensor untuk mendeteksi kehadiran orang di sekitarnya. 


1. Jenis Pintu Geser atau Sliding Door

Jenis pintu otomatis yang pertama adalah pintu geser otomatis atau sliding door. Jenis pintu satu ini adalah automatic door paling populer dan banyak dipasang di bangunan umum seperti rumah sakit, pusat perbelanjaan, perkantoran, bandara, restoran, hotel dan lain sebagainya. 

Cara kerja pintu geser otomatis adalah dengan bergerak ke sisi samping baik kanan atau kiri untuk membuka dan juga menutup.

Orang yang ingin melewati pintu tidak perlu kontak langsung dengan pintu karena pintu otomatis bergeser untuk membuka kemudian menutup sendiri saat orang menjauh. 

Sliding door otomatis dibuat dari material kaca bening yang tidak mudah pecah sehingga tetap aman. Selain itu karena dibuat dari kaca bening membuat bagian dalam bangunan dapat terlihat dari luar dan sebaliknya bagian luar bangunan bisa dilihat dari dalam. 

Saat ini bahkan ada beberapa bangunan yang sudah menerapkan sistem 180⁰ curved sliding door yakni pintu geser otomatis yang melengkung 180⁰.


2. Automatic Swing Door

Selain pintu geser otomatis, jenis automatic door berikutnya yang juga banyak dipasang adalah swing door atau pintu dengan engsel berayun. Automatic swing door akan bergerak membuka dan menutup seperti ayunan yakni mengayun ke depan ketika terbuka dan mengayun ke belakang untuk menutup.

Jenis pintu mengayun otomatis juga banyak diaplikasikan di bangunan-bangunan pusat perbelanjaan, arena wahana bermain, perumahan, apartemen, hotel, kawasan industri dan lain sebagainya. Automatic swing door sangat memudahkan mereka yang difabel dan juga lansia yang berjalan melalui pintu. 

Sama seperti pintu geser otomatis, pintu ayun otomatis ini juga dilengkapi oleh sensor yang mendeteksi kehadiran orang di sekitarnya. Pintu ayun otomatis juga menggunakan material kaca bening seperti pintu geser.


3. Automatic Revolving Door

Jenis pintu berikutnya adalah revolving door atau pintu yang bergerak memutar. Pintu ini dibuat dari material kaca bening yang kuat dan tidak mudah pecah. Secara penampilan, revolving door terlihat lebih unik karena bentuknya yang tidak biasa. 

Revolving door banyak dipasang di bangunan perkantoran dan hotel-hotel besar di pusat kota. 


4. Folding Door

Jenis automatic door yang terakhir ini biasanya dipasang di area yang lebih terbatas, misalnya gudang stok barang hingga garasi kendaraan. Meski demikian folding door juga sangat mungkin digunakan di ruang publik biasa. Pintu ini sangat menghemat ruang karena sayap pintu akan saling melipat ketika membuka.


Jasa Pemasangan Pintu Otomatis Berkualitas

Melihat banyaknya manfaat yang dihadirkan oleh automatic door membuat para pengelola dan pemilik gedung yang memilih bermigrasi ke automatic door.

Namun, sayangnya memilih teknisi yang menyediakan jasa pemasangan automatic door tidaklah mudah.

Anda harus benar-benar memastikan bahwa teknisi yang Anda pilih memang berkualitas dan dapat diandalkan. Oleh karena itu percayakan kebutuhan instalasi pintu otomatis Anda bersama PT Maxima Usaha Mandiri.


PT Maxima Usaha Mandiri menyediakan beragam produk pintu otomatis berkualitas dan tahan lama. Seluruh proses instalasi dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman sehingga seluruh komponen dipastikan terpasang dengan baik. Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dulu dengan pihak customer service.