Alasan Menginstalnya dan Cara Kerjanya

Layanan Konsultasi dan Estimasi Produk Gratis.

Pintu otomatis adalah pintu yang sudah dibekali oleh teknologi modern berupa sensor yang akan mendeteksi keberadaan orang di sekitarnya. Berikut cara kerjanya.


Pintu otomatis atau automatic door merupakan pintu yang sudah dibekali oleh teknologi modern berupa sensor yang dihubungkan dengan engsel yang bekerja ketika sensor mengirimkan sinyal tertentu. Automatic door sendiri terdiri dari beragam jenis seperti slide door, swing door, revolving door dan lainnya.


Automatic door semakin populer digunakan terutama di kota-kota besar karena dapat memberikan banyak keuntungan bagi pengguna serta pemilik tempat. Manfaat yang dirasakan dari instalasi automatic door mulai dari aspek fungsionalitas, keamanan, efektifitas dan juga aspek estetika.

Alasan Mengapa Banyak Gedung Menggunakan Pintu Otomatis


1. Tingkat Safety Lebih Baik

Salah satu alasan mengapa lebih banyak gedung mengaplikasikan teknologi pintu otomatis adalah karena tingkat safetynya yang lebih baik terutama untuk anak kecil. Automatic door akan membuka dan menutup secara otomatis ketika mendeteksi keberadaan orang di sekitarnya.

Kemampuan automatic door untuk membuka dan menutup otomatis pintu akan menghilangkan risiko anak-anak terjepit pintu.


2. Memberi Kesan Modern dan Profesional

Pemanfaatan automatic door pada bangunan akan memberikan kesan modern sekaligus profesionalitas pada perusahaan atau entitas bisnis dan kantor tertentu. Aspek estetik dari automatic door membuatnya semakin banyak diinstal di gedung publik seperti bandara, mall, hotel, apartemen dan lainnya.

Ketika bangunan sudah mengaplikasikan penggunaan automatic door, menunjukkan betapa tinggi kepedulian pengelola gedung bagi kenyamanan pengunjung.


3. Mengurangi Kebisingan Saat Aktivitas Padat

Kelebihan menggunakan automatic door adalah dapat mengurangi tingkat kebisingan akibat suara pintu yang didorong atau digeser terbuka secara manual saat aktivitas lalu lalang manusia sangat padat.

Di tempat publik seperti pusat perbelanjaan, hotel, bandara, rumah sakit dan sebagainya memiliki tingkat lalu lalang yang sangat ramai. Menggunakan pintu model konvensional tentu sangat tidak cocok karena dapat menimbulkan kebisingan akibat suara pintu yang didorong terbuka dan menutup.


4. Lebih Efektif dan Memudahkan Pengunjung

Penggunaan automatic door juga memiliki kelebihan dari segi efektivitasnya yang baik. Automatic door yang sudah dibekali oleh sensor akan mendeteksi keberadaan orang di dekatnya sehingga secara otomatis akan membuka pintu.

Hal ini tentu akan sangat memudahkan para pengunjung yang berlalu lalang karena tidak perlu menyentuh pintu sama sekali. Apalagi pengunjung yang harus membawa benda berat seperti barang belanjaan atau mereka yang memiliki difabilitas tentu akan sangat dimudahkan dengan kehadiran pintu otomatis.


5. Hadir dalam Beragam Jenis

Selain memberikan kesan modern dan mewah bagi bangunan, automatic door hadir dalam berbagai jenis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bangunan. Untuk pintu depan bangunan, umumnya digunakan jenis pintu geser otomatis (sliding door), pintu ayun otomatis (automatic swing door) dan pintu revolving.


Sementara untuk pintu garasi kendaraan dan gudang penyimpanan barang yang membutuhkan area keluar masuk cukup lebar, maka digunakan jenis pintu lipat atau folding door.


Cara Kerja Pintu Otomatis

Cara kerja pintu otomatis secara sederhana dapat dibagi ke dalam dua tahapan yakni sensor yang mendeteksi keberadaan objek di sekitarnya dan sinyal yang dikirimkan sensor untuk menggerakkan komponen pembuka pintu.


1. Sensor Mendeteksi Keberadaan Objek

Setiap automatic door akan memasang sensor di sekitarnya yang berguna untuk mendeteksi keberadaan orang di sekitar pintu. Sensor yang digunakan untuk automatic door sendiri beragam. Secara umum sensor dibedakan menjadi 3 jenis yakni:


Sensor tekanan (pressure sensors)

Sensor gerakan dan sensor optik

Sistem Video Interkom dan Akses Kontrol

Sensor tekanan bekerja berdasarkan perubahan tekanan yang diterima sensor akibat adanya objek di atasnya. Oleh karena itu sensor ini akan dipasang di bagian bawah. Sensor gerakan dan sensor optik adalah jenis sensor yang paling banyak digunakan hari ini.


2. Komponen Pembuka Pintu Menerima Sinyal dari Sensor

Setelah sensor mendeteksi keberadaan orang di sekitarnya, sensor akan mengirimkan sinyal ke komponen pembuka pintu (door opening mechanism) sehingga komponen bekerja menggeser atau mendorong pintu terbuka.



Tertarik untuk memasang pintu otomatis di tempat Anda? Percayakan kebutuhan instalasi automatic door Anda bersama PT Maxima Usaha Mandiri. Anda bisa memilih berbagai jenis automatic door dengan harga yang sangat terjangkau. Instalasi juga dilakukan oleh teknisi berpengalaman sehingga dijamin berkualitas.